RSS

Lawu Summit Attack

Bagiku, liburan adalah pendakian. Yaps...takkan pernah aku sia - siakan waktu liburan untuk menikmati alam Indonesia yang penuh dengan keindahan. Pada liburan lebaran yang panjang ini trip pendakianku tertuju pada sebuah gunung yang berada dijawa tengah - jawa timur dengan ketinggian 3265 MDPL. Gunung Lawu, sebuah gunung yang menjadi tujuan para pendaki Indonesia. Salah satu gunung yang memiliki keindahan alam dan panorama yang menajubkan serta memiliki sejarah pada jaman kerajaan Majapahit sehingga dikeramatkan oleh sebagian masyarakat sekitar. Setiap malam 1 Sura banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak. Karena populernya, di puncak gunung bahkan dapat dijumpai pedagang makanan.. Baca - Sejarah Gunung Lawu.

Pada Trip Pendakianku kali ini, aku hanya ditemani adikku. Senin, 12 Agustus 2013, 06.30 WIB kita berangkat dari rumah. Dengan menggunakan sepeda motor kita diantar oleh Ayah tercintaku untuk mencari Bus jurusan Solo, dari bus jurusan Solo kita turun dipertigaan Palur. Dari Palur kita ganti bus jurusan Tawangmangu, setelah sampai terminal Tawangmangu berlanjut untuk naik L100 menuju Cemoro Sewu. Jalur Cemoro Sewu menjadi pilihan kami karena menurut analisa yang telah kami lakukan, jalur ini merupakan jalur pendek walaupun lebih terjal dibanding jalur - jalur yang lain sehingga banyak sebagian para pendaki yang memilih jalur ini untuk mencapai puncak.

Senin, 12 Agustus 2013, 10.00 WIB kita sampai di gerbang Cemoro Sewu, pada saat itu juga kami langsung laporan ke pos untuk melakukan pendakian.
Gerbang Cemoro Sewu, 12 Agustus 2013, 10.00 WIB

Setelah cek ulang semua perlengkapan, kami langsung memulai pendakian dengan diawali doa. Pada awal jalur ini, udara sangat sejuk dengan jalan yang telah tertata rapi dan dikelilingi pepohonan yang hijau. Dalam perjalanan menuju pos 1 jalur ini masih tergolong ringan karena masih jarang tanjakan - tanjakan yang akstrim. Disarankan bagi yang belum melengkapi logistik terutama air agar mengisi perbekalan utama ini di pos Sendang Panguripan. pos ini tidak begitu jauh sebelum Pos 1.

Tepat pukul 11.00, kami tiba dipos pertama yaitu Pos 1. Pos ini dilengkapi fasilitas warung yang mungkin hari  - hari tertentu saja menjajakan jajanannya dan Selter tempat itirahat yang terbuat dari bahan bangunan yang kokoh sangat cocok untuk menghilangkan lelah karena udara disekitar sini sangat sejuk dan sudah mulai terasa hawa dingin walaupun waktu hampir dipertengahan siang hari.

Pos 1, 13 Agustus 2013, 11.00 WIB

Warung di Sekitar Pos 1

Pada Pos 1 kami hanya menghilangkan lelah sekitar 15 menit, setelah minum dan makan beberapa cemilan khas pendaki, kami melanjutkan perjalanan menuju pos berikutnya. Pada trak jalur menuju pos 2 kami mulai disajikan dengan jalan - jalan setapak berbatu dan terjal. Walaupun waktu menunjukan hampir jam 12 siang, tapi udara dalam jalur ini sudah mulai dingin.

Pada pukul 12.30 WIB, kami tiba di Pos 2, disekitar pos ini agak luas tapi bertebing  dan disediakan selter untuk istirahat dengan bangunan yang cukup kokoh seperti di Pos sebelumnya. Dipos ini kami meluangkan waktu untuk makan siang dengan menu istimewa dari Ibu kami tersayang dan dilanjutkan Sholat Dzuhur sekaligus menikmati udara yang sejuk dan kicauan burung yang merdu. mantabs Gan.

Pos 2, 12 Agustus 2013, 12.30 WIB

Persiapan makan siang dan sholat Dzuhur