RSS

Trip Pendakian Gunung Papandayan

Weekend di akhir Juni 2012 yang lalu, Gw berkesempatan buat ngejajal salah satu gunung di kota Garut, yap Gunung Papandayan. Sebenernya Papandayan ini bukan gunung satu-satunya di Garut, masih ada gunung lain yaitu gunung Guntur, gunung Cikuray, dan gunung-gunung lainnya. Tapi berhubung diajaknya ke Papandayan, yasudah hajar aja deh, walau sempet ragu juga sih karena udah lama gak jalan yang jauh dan menanjak. Tapi setelah googling sana sini tentang Papandayan ini, gw akhirnya yakin ikut, katanya sih Papandayan ini cocok buat pendaki pemula karena rutenya yang cenderung tidak terlalu terjal dan ekstrem, gw sih berdoa aja semoga bener adanya. Oya, tinggi Papandayan ini 2655 meter di atas permukaan laut, lumayan tinggi lah ya.

Perjalanan ini diawali pada Jumat malam. Start dari Bekasi dengan skuad gw, Madinah dan Hermawati sang cewek satu - satunya yang gw ajak mendadak saat gw mau berangkat. Terminal Kampung Rambutan jadi meeting point gw dan rekan sambil makan malam. Berhubung kita berangkat terlalu malam 29 June 2012 22.30 wib dari rumah, bus jurusan Kp. Rambutan sudah tidak ada lagi dan terpaksa kita naik taksi untuk sapai ketempat tujuan dengan biaya Rp. 50.000 dari Tol Barat Bekasi. Sesampai di Kampung Rambutan (23.30), kita bertiga langsung menuju warung makan terdekat sekaligus menunggu bus jurusan Garut yang kami anggap nyaman untuk perjalanan yang memakan waktu sekitar 5 jam dengan biaya Rp. 35.000.

01.00 Wib 30 June 2012 kita bertiga memulai perjalanan menuju Garut, dalam perjalanan kita bertiga tertidur lelap mungkin karena waktu yang sudah cukup larut malam. Dengan sopir bus yang sudah berpengalaman melewati jalur berliku dikawasan menuju Garut, akhirnya pada pukul 06.00 wib kita sampai di terminal Guntur, sebuah nama terminal bus yang berada dikota Garut. Keadaan dan suasana terlihat masih sunyi dengan udara yang sangat dingin memaksa kita bertiga untuk mencari sarapan dan minuman hangat. Pukul 08.00 kita menuju Cisurupan, terminal terakhir untuk memulai pendakian dengan menggunakan mobil elf. Dengan biaya Rp. 5000 sampailah kita di Masjid besar Cisurupan pada pukul 09.00 wib. Dari Masjid Cisurupan ini kita akan menempuh perjalanan menuju Camp David sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sesampainnya d iCisurupan kita langsung disambut beberapa ojek yang akan mengantar kami menuju Camp David dengan biaya Rp. 25.000, karena waktu kita yang sudah terlalu siang terpaksa kita menggunakan jasa ojek untuk menuju Camp David. Sebenarnya jika rombongan kita minimal 10 orang, banyak angkutan mobil yang bisa kita sewa menuju Camp David dengan biaya Rp. 100.000.